Cara mudah Flashing menggunakan BEST [ Bb5 Easy Service Tool ]

by Rinaldi on 05:18 PM, 02-Sep-12

Category: All categories , modding nokia s40 , Tips & trik , Trik s40

Assalamualaikum wr.wb.

Apa kabar sobat semua, sebelumnya saya ingin meminta maaf karena akhir2 ini saya jarang berkunjung keblog sobat masing2 atau lebih dikenal dengan istilah BlogWalking.

ya sudah, langsung ke intinya saja. Kali ini sy akan memberikan tutorial Cara mudah Flashing menggunakan BEST [ Bb5 Easy Service Tool ].

Sebenarnya ada banyak mode flash yg bs kita pilih ketika kita ingin flashing hp kita menggunakan BEST. Dan kali ini saya akan menjelaskan 2 mode flasing saja, yaitu:
1. PPM ONLY
2. FULL FLASH

Kedua mode flash diatas adalah yang paling sering digunakan ketika flashing.

Sebelum melakukan flashing, wajib kita siapkan alat tempurnya dulu, yaitu:

  1. Firmware HP kalian, kalau ingin yang original klik disini dan kalian hanya mendownload 3 file saja yaitu .mcusw, .ppm, .image,
    kalau ingin yang sudah di modif, cari saja CFW-nya di blog ini tepatnya di categori CFW NOKIA S40.
  2. Siapkan juga software: "nokia connectivity cable driver" dan juga "nokia flashing cable driver", dan bisa didownload diblog ini tepatnya di NAVIGASI BLOG, "kumpulan software untuk modding s40".
  3. Dan juga Software BEST [ Bb5 Easy Service Tool ] dan bisa anda download DISINI.


Jika semua alat dan perlengkappannya sudah di download, langkah selanjutnya adalah menginstal alat tempurnya,
pertama-tama, install dulu "nokia connectivity cable driver" dan kemudian install juga "nokia flashing cable driver".

Sekarang kalian harus memilih mode flash yang mana?...
jika memilih PPM ONLY, maka yang akan diproses hanya file .ppm saja, sehingga prosesnya sangat cepat sekitar 1 menitan dan juga tidak akan menghapus data2 ponsel seperti kontak dan lain2.
Sebaliknya, jika kalian memilih mode FULL FLASH, maka ke tiga file firmware hapemu yaitu mcusw, ppm, dan image akan diproses, sehingga prosesnya akan berlangsung lama, sekitar 12 menitan. Dan juga akan menghapus semua data2 ponsel anda.


PPM ONLY


1. Hubungkan hp dengan komputer, dan pilih "PC SUITE" di hp mu.

2. Buka software BEST, dan tunggu sebentar hingga ponsel tersambung dengan BEST, jika sudah tersambung bisa dilihat di bagian bawah BEST muncul type hp kamu.

3. Jika sudah tersambung, jangan klik apa2 dulu. Dan lihat dulu ss ini:
Capture1.JPG
Lihat di bagian kanan, Klik MCU dan cari file mcusw-nya klik open. Kemudian klik PPM1 dan cari file .ppm-nya klik open.

nah, jika sudah melewati proses diatas, maka akan muncul ceklis kecil di MCU dan di PPM1, kalian Harus hapus ceklis di MCU, klik saja ceklis kecilnya nanti otomatis akan hilang ceklisnya.

di kolom "Flash Mode Setting" di bagian bawah BEST, pilih PPM ONLY, lalu langsung saja klik flash. Jika sudah selesai, cabut hp dan nyalakan, jika ada tulisan test mode, cabut saja batrenya dan pasang kembali.

FULL FLASH


1. Hubungkan hp dengan komputer, dan pilih "PC SUITE" di hp mu.

2. Buka software BEST, dan tunggu sebentar hingga ponsel tersambung dengan BEST, jika sudah tersambung bisa dilihat di bagian bawah BEST muncul type hp kamu.

3. Jika sudah tersambung, jangan klik apa2 dulu. Dan lihat dulu ss ini:
Capture1.JPG
Lihat di bagian kanan, Klik MCU dan cari file mcusw-nya klik open. Kemudian klik PPM1 dan cari file .ppm-nya klik open. Kemudian klik CNT1 dan cari file .image-nya klik open.

di kolom "Flash Mode Setting" di bagian bawah BEST, pilih FULL FLASH, lalu langsung saja klik flash. Jika sudah selesai, hpmu akan menyala dengan sendiri.

pepatah mengatakan "tidak ada gading yang tak retak" begitu juga dengan postingan ini, jika ada kesalahan mohon dimaafkan,
wassalamualaikum wr.wb.

sumber: pengalaman.

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

110 responses to "Cara mudah Flashing menggunakan BEST [ Bb5 Easy Service Tool ]"

Ryuuzaki [05:54 PM, 02-Sep-12]

absen gan,s60v2 nyimak aja biggrin
ditunggu kunbalnya biggrin

Juice [06:56 PM, 02-Sep-12]

Belajar banyak nii .hahaha. Btw folback y sobat

Rinaldi [06:57 PM, 02-Sep-12]

Udah ko sob.

Games Blog [07:05 PM, 02-Sep-12]

Mantap nih sob infonya
Kalau sempat kunbal ya bro down-arrow

Game Heroes Lore Zero untuk S60v5
http://mizanajjh15.mywapblog.com/game-heroes-lore-zero-untuk-s60v5.xhtml

arief [07:24 PM, 02-Sep-12]

nice blog dan nice info untuk orang awam seperti saya.. Thx sob

Shasukheshii [07:43 PM, 02-Sep-12]

hadir gan,skalian nanya nh,ane ada hp 2700c
pgn flash /ganti firmware,skaligus hack java permision,ganti font,kira2 bsa skaligus gk?mf nh soalnya blm pernah flash gan

Sekh.mause [07:50 PM, 02-Sep-12]

Bner gan ane jg dh sring flash dg cara upgrade tapi ane mau tanya kalo downgrade gmn cranya master?dan satu lgi yg jdi pertnyaan ane gan apa bisa hack java permision pake bb5 truz gimana caranya...?mhon pencerahanya mazter.thanks dh mau kembali...smua postingan nte bener2 bermanfaat bgiku pribadi.

Anam Forever [07:59 PM, 02-Sep-12]

Kalau buat hack bisa ga, sob?

Rino Javanizers [08:44 PM, 02-Sep-12]

walah gan..

ane udah jadi user symbian cheesy-grin nyimak aja dah ya ?

nate river [09:50 PM, 02-Sep-12]

Kunjungan malam sob, . Ijin nyimak smile

Duduboedaxbaret [12:53 AM, 03-Sep-12]

Kunjungan malam

nyimak aja kang


lau berkenan d tunggu kunbal nya

Ocil [05:16 AM, 03-Sep-12]

Absen sob, sekalian nanya file .mcusw nya di rename ga ke .c0r

Acer [05:34 AM, 03-Sep-12]

sangat bermanfaat gan.,

Haris Fuadi [11:33 AM, 03-Sep-12]

gan,gimana cara ngeflashnya kalo hpnya tuh mati ...
gak bisa di idupin ...
kadang2 bisa di idupinya cuma sampe tulisan nokianya saja terus mati lagi ...

Rafly [05:45 PM, 03-Sep-12]

Nymak gan , memang lbh mudah pke BEST smile

Fariz [07:34 PM, 03-Sep-12]

Nice Artikel, entar ane coba deh di Nokia Asha 302 ane smile

Oya tolong dong solusi buat E71 ane, mau update FW tapi phonik selalu ngedetect RM-346 No product. Padahal FW sudah ane tempatkan di Nokia/Phonik/product/RM-346.
Kira2 salahnya dimana?

Ahmdphacker [03:33 PM, 04-Sep-12]

kunjungan perdana biggrin
maaf mau nanya apa benar kata blog sebelah, katanya kalu download FW yg dicocokin sama hp RM-XXX sama kode produk ,.?gitu gan
kalu menurut agan gimana ?
kode producnya beda bisa gak ?
file yg di masukin ke best cuma tiga ya? di mr.crabnya ada 7 file .

ardi [02:50 PM, 07-Sep-12]

Gan ane request dong.urutan ikon sinyal & baterai di firmware 5130 ada di urutan brp aja ya??
Pliiis,butuh bgtbiggrin

crey [07:50 PM, 07-Sep-12]

mantab sobb ..
Mf selalu telat . Hehehe

crey [07:51 PM, 07-Sep-12]

mantab sobb ..
Mf selalu telat . Hehehe

ฬ๏ภﻮ_ภ๔єร๏ [10:45 PM, 08-Sep-12]

nice info.. rolleyes jd pengen ngeflash hp ane pi sayang alat tempurnya ga punya

chaerul [12:45 PM, 09-Sep-12]

:twisted

chaerul [12:46 PM, 09-Sep-12]

grin

chaerul [12:46 PM, 09-Sep-12]

/lol

canrezek [08:57 PM, 13-Sep-12]

Lo buat c3 bsa g' gan?

Fahdi [10:38 AM, 15-Sep-12]

gan,walau ppm only tapi file mcusw sama image tetap harus dimasukkan ?

akbar triagy [07:06 AM, 27-Sep-12]

blog nya keren banget banykk belajar dari blog ini (newbie). Thanks all infonya

Baskom Pangeran Kodok [09:41 PM, 02-Oct-12]

gan mau nanya law masukin file ppm gimana

bibin [10:59 PM, 07-Oct-12]

riquest bang cwf 5310xm rm-303 v09.45 yg udah dimodif. sebelumnya makasih bang.

kahlil [07:39 PM, 10-Oct-12]

wat hape s60v3 bisa gak sob?,ato cuma wat s40 doang?...

ujuang [10:05 AM, 24-Oct-12]

engga bisa nkonek.
di bagian bawah tetep kosong .. diskonek aja

ujuang [10:44 AM, 24-Oct-12]

udah berhasil min flashing nya.. ternyata masalah nya saya install nokia kabel driver dan nokia flashing nya saat hp saya masih konek ke komputer.
setelah beberapa kali saya coba, ternyata berhasil. dan ternyata emang mudah. cuma butuh keteliyian saja.

Irfan [03:55 AM, 25-Oct-12]

S60v3 nyimak aja dah

dafid [04:07 PM, 31-Oct-12]

bro ane udah coba terus gagal gra" mati lampu cara nganuin'a gmna cz ane udah coba cara ini dan itu

Defry [02:31 PM, 09-Nov-12]

Gan ane bngung wktu mau milih firmware untuk nokia c3-00.
'' NOKIA C3-00 --> RM 614 --> V8.63 --> ..................????
Strusnya ane bngung mau plih yg mana krna trlalu bnyak plihan, tlog bantuan nya gan??
Ni no IMEI nya 355366046254344

Bize [01:01 PM, 14-Nov-12]

gan ane mao tnya nih knp USB ane kg mao conect ea klu pake modus pc suite???slalu sja ada kterangn tdk ada respont dr host.mka'a tyap kli ane mao flashing pake best sllu sja tdk mao k deteksi ..
V klu pke transfer memori bza conect .

Tlong solusi'a buat siapa ajj yg tau...htur nhun trima ksih..

Fatir [03:36 PM, 20-Nov-12]

mantaf gan... dah gw coba dan sukses,, maw nanya nih gan,, kalo hp matot bisa gag pake aplikasi ini???
truz hp symbian bisa juga gag??

nyai [05:38 PM, 20-Nov-12]

gan ,, ane kan udah full plash pake cfw full indo milik agan..dan sukses..,
keren bngt gan ,
tp iconnya kaya hp cina gan..
Kalo pengen ganti icon pake icon bawaan gmana ya ? Please

nyai [05:39 PM, 20-Nov-12]

gan ,, ane kan udah full plash pake cfw full indo milik agan..dan sukses..,
keren bngt gan ,
tp iconnya kaya hp cina gan..
Kalo pengen ganti icon pake icon bawaan gmana ya ? Please

Sofyan [09:12 AM, 22-Nov-12]

Gan, klw mau nge flash kartu memory nya di copot atw enggak, trus hp nya dalam keadaan nyala atw mati ???

Soal nya saya masih bingun & takut klo hp nya nanti matot :-/

decom_star [05:07 PM, 14-Dec-12]

edit donk cfw 3120c biar kya win7

betmen86 [07:12 PM, 17-Dec-12]

mantep sob infonya,

assob [04:17 PM, 24-Dec-12]

nice post gan

dayoetzmobile [08:15 PM, 28-Dec-12]

mu nanya nich connectivity cable driver kurangg pahamm cara penggunaanya... tolongggg pencerahannnya ommmm

isnna sugally gila [11:20 AM, 31-Dec-12]

:grin thanks gan..ane dah brhsil :roll

JURNAL [07:36 AM, 03-Jan-13]

Trus .. Manfaatnya klo di flashing apa y sobt? &Terimakasi telah share, sukses slalu dan salam kreatif. Di tunggu kunjungan baliknya dan Follback nya.

Aryz [10:20 PM, 04-Jan-13]

Mas rinaldi apa gx ada model nokia 2700c yg baru,, saya pinggin bgt klw tampilan hp 2700c sya pengen bgt kyk iPhone 5,, bisa gx mas rinaldi

klw bisa saya tunggu postingan'a

MrAlwaysOn [09:05 AM, 06-Jan-13]

Kunjungan Perdana nih SOB.
Postingan yg sangat bermanfaat smile
Follow Sukses + jangan lupa Kunbal ya ....
mrgreen

yudit [07:28 PM, 08-Jan-13]

mantaf izin sedot gan

Arlhana [09:45 AM, 19-Jan-13]

Wah bener2 detail ni masta .... Mantap artikle nya... Request cfw n81. Rm-223 v21.01 nya dunk thank...

Arek Gresik [10:01 AM, 21-Jan-13]

0k, teng inf0nya.. Uda brhsil q.. Jngn lupa Mampir ke SITus n2700c q .. Banyak Apps yg 0ke Lho

Muhammad Noer Rizal [05:16 PM, 26-Jan-13]

mantap broo... di tunggu follbacknya....

Logout [07:54 PM, 27-Jan-13]

Mantap, ingin coba pi ntar kalo udah punya pc ndiri..hi..hi..

theyducth [08:04 PM, 31-Jan-13]

junior nyimak aja gan
di tunggu kunbalnya... smile

Muhammad rindo [02:47 PM, 02-Feb-13]

Wah jost kie

Zhaoldyeck [12:33 AM, 08-Feb-13]

Mantap nic tutornya gan. Dan sukses terus buat admin dan blognya. Di tunggu kunbalnya karna ada new post.

http://dedekzhaoldyeck.heck.in/naruto-shippuden-episode-299-subtitle-in.xhtml

irpan [12:57 PM, 09-Feb-13]

thanks bgt ya infonya.... sangat sangat membantu ni gan.... jd bisa buat nyari duit nie.. hehehe

Endang Ramdhanie [06:19 AM, 10-Feb-13]

minyak aja

bhoneng [11:41 PM, 10-Feb-13]

mantap gan

Aliandri [12:57 AM, 16-Feb-13]

kunjungan malam sob sob bila sobat sempat mampir dan ane tunggu follback nya

iwan hadi [12:37 PM, 18-Feb-13]

tutor yg mantab sob
Ane ijin nyoba

Skligus ane pasang di blogroll

guntur decom [07:57 PM, 21-Feb-13]

riquest dong ppm 5610x rm242 v 10.0 jadi symbian belle

Zone Naruto [08:44 AM, 03-Mar-13]

Assalamu'alaiku Warahmatullahi Wabarakatuh

Moding zylo dong kak biggrin

=>http://zone-naruto.p.ht<=

Elridwan S40 [09:41 AM, 05-Mar-13]

Kunjungan sob ..
Ijin follow dan aq tnggu follow backnya..
Jngn lupa mmpir ke blogku yach..

http://pupu.heck.in/bolt-handler-2013.xhtml

Phreaker MWB [06:59 PM, 06-Mar-13]

Selamat sore sob biggrin blog mu udah ku follow, sekarang follback dong sad

FandyVanzCoM [07:03 PM, 06-Mar-13]

keren gan. , .kpan2 kasi yg lngkap ya. .buat 2700c. .

jgn lpa knblnya eah

Jakka [06:03 AM, 07-Mar-13]

saat flash hape keadaan hpnya hidup atau mati

Jakka [07:09 AM, 07-Mar-13]

mau tanya nie saat nge flash hp keadaan hp nya mati atau hidup

Phreaker MWB [07:55 PM, 07-Mar-13]

Hadir sob, kunbal dan follback ya biggrin

Idaylummm [04:20 PM, 08-Mar-13]

Gan kalo hp nya dalam keadaan mati alias ga bisa di hidupin,gmana?

Pinger [08:38 AM, 13-Mar-13]

Hadir kang, Mohon Difollback ya. Aku udah follow blog mu biggrin

Andre [10:50 AM, 22-Mar-13]

Makasih yah,postingnya bagus-bagus,berguna banget,cara-caranya berhasil di 7610s ku
kalo bisa hadir di blogku yah

http://simpleplan.mywapblog.com

Alfi [07:03 PM, 25-Mar-13]

Bang kalo hp nokia asha bisa di flash ngga pake software ini?

Jeffrey larsen [02:45 AM, 02-Apr-13]

ane coba di hp c203 ane kgk bz gan.
udh ane masukkin smua alat nya, tp malah muncul tulisan " Bad Flash files detected, will break procedure sad "

zik xagawa [12:16 PM, 08-Apr-13]

Postinganya keren keren…
Kunjungan baliknya ya.
http://xagawa.mywapblog.com

zik xagawa [12:16 PM, 08-Apr-13]

Idah tak follow..
Follow back ya.
http://xagawa.mywapblog.com

Owie Closing Liver [04:24 PM, 19-Apr-13]

Kunjungan perdana shob,
Jika berkenan, silahkan mampir !!

Owie
http://www.owie.vv.si/membuat-website-via-hp.xhtml

Rozaq Armedian [02:37 PM, 20-Apr-13]

nyimak aja gan

rianova [12:25 PM, 21-Apr-13]

Pingn dng sobt di ajari tentang moding,

AιέχάήδέΓ ΗέάΓτ [04:00 PM, 22-Apr-13]

Berkunjung sobat question
http://alexander-lviv.xtweb.org

JURNAL [05:33 AM, 26-Apr-13]

Mantap sobt... Postingan kali ini sangat bermanfaat idea , izin baca2 dulu ya., kalau Berkenan Di tunggu kunjungan balik dan komennxa ya right-arrow .


>> http://jurnal.heck.in/grets-sc-facebook-with-cheexy.xhtml

setiyo wibowo [05:08 PM, 28-Apr-13]

Kunjungan SoRe sob , untuk silaturahmi





Mohon komen di postingan terbaruku ya :
http://setiyo11.heck.in/kecerdasan-intelektual-spiritualdan-emos.xhtml


Dan di postingan ini juga ya : http://setiyo11.heck.in/pojok-pulsa-tempat-terbaik-untuk-bisnis.xhtml




Hatur NuhuN

Dio [03:06 PM, 04-May-13]

.gan ane pke mode ppm only knpa pas di flash ada keterangan boot fail.. Flashing failed... Trus hp disconect.. tu gmn ya.?

algorib [08:59 AM, 06-May-13]

Nice tips sob http://narutoshippuden.heck.in/video-arya-wiguna-eyang-subur-lucu.xhtml

Juakapatrick [11:57 AM, 11-May-13]

WAHHH Suksess gan ngeblognya, hhe biggrin Post nya kerennn , Salam kompak sobb,.... Kalau ada waktu berkunjung balik ya wink

Download Game Gameloft Terbaru dan trik2 lainya...

Jangan lupa follow aku, kalau ada waktu nanti ku follow back juga.. 0keee wink

Aditiya [07:21 AM, 14-May-13]

Kunjungan pagi kang,..... Keren tipsnya..... Silahkan mampir di gubuk sederhana ane..... biggrin http://symbian60v3.heck.in

Luqman Cgw [12:18 PM, 16-May-13]

Wow wow wow
infonya sgt menarik dan bermanfaat biggrin

Selamat ya atas kemajuan blognya, semoga makin sukses deh :->

kalo da waktu kunbal ya =>
luqman007.mywapblog.com

Den Bagus Ibnu [11:19 PM, 23-May-13]

Gan,gmn carany menyatukan foto di nokia x2 02

BaeZury Banjarmasin [10:18 AM, 31-May-13]

Lanjuuuttt... http://baezury.mywapblog.com/game-racing-2013-java-2.xhtml

Fherzzz [09:51 PM, 10-Jun-13]

ko gk update lagi gan? -_- kangen nih biggrin
http://ferdhika2.pun.bz

Bowo [08:46 AM, 13-Jun-13]

kunjungan pagi sob..
nyimak dlu sob.

>>>http://esemka.heck.in

Bowo [08:46 AM, 13-Jun-13]

kunjungan pagi sob..
nyimak dlu sob.

>>>http://esemka.heck.in

dhana [07:41 PM, 19-Jun-13]

gan,gimana cara ngeflashnya kalo hpnya tuh mati ...
gak bisa di idupin ...
kadang2 bisa di idupinya cuma sampe tulisan nokianya saja terus mati lagi

JURNAL [06:39 PM, 11-Jul-13]

Mantap gan, updatenya sngat brmnfaat, Sklian Follow dulu ahh , D tunggu Follbacknxa wink

Ali Usman [02:24 PM, 12-Jul-13]

Wah izin kopas sob Ane sertakan sumbernya ditunggu kunbalnya+follbacknya

Hendrixz [07:39 AM, 31-Jul-13]

follow sucses gan,jngn lpa folback,ane psen cfw modif nokia 3120c rm-364 gan.
Thanks.

Umar Syarif [04:56 PM, 15-Aug-13]

Nice Info,Gan!Terus Update! smile

http://hopethisusefull.mywapblog.com

hcker31 [06:47 AM, 22-Aug-13]

Nice post sob<br />
<br />
Sudah di follow,ditunggu follbacknya..

otniel Mia Mori [08:13 AM, 06-Sep-13]

numpang lewat aja gan...
lol

dzogey [05:46 PM, 15-Sep-13]

gan mau tanya cara normalkan kembali nokia c2-03 yg di hack gmn yaa???

yodi [10:06 AM, 19-Sep-13]

Ane punya cwfnya ni om , cara masang dan ngeflashnya bgaimana om?

rommi [06:17 PM, 23-Sep-13]

kalau sertifikat nya nggk ada , gmna cra buat nya

Sadam [06:38 PM, 15-Oct-13]

infonya sangat berguna sob, kalau sempat mampir y

http://starone.heck.in

dedy andromeda [03:51 PM, 15-Nov-13]

kunjungan sore

sore gan folback

ferza [02:41 AM, 13-Jan-14]

lapor comandan smile
blog ente sudah ane follow
saya tunggu follback sama kunbalnya

idam [08:49 AM, 11-Feb-14]

gan, lau hp nya ngk bisa terhubung sama kabel USB , gmna tu solusinya ??

Muhamad haris [11:55 PM, 13-Mar-14]

nice post nya gan.
ditunggu kunbal dan follbacknya.
http://ciken29.xtgem.com

andi [12:32 AM, 27-Mar-14]


trm kasih atas ilmu nya

Baguse [05:42 AM, 16-Apr-14]

Alhamdulillah ane udah bisa sob,,.ditunggu kunbalnya

peuteuyngora [11:58 PM, 26-May-14]

best nya g bisa di install sob,knp ya? mohon balasannya.. dri siapa aja. penting bgt

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images